tribratanews.polresaru.com

Sabtu/25/04/2020 Pukul 09.34 WIT bertempat di Bandara Rar Gwamar Dobo telah dilaksanakan pengawasan/monitoring terhadap penumpang pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK – WHK yang berangkat di Bandara Rar Gwamar Dobo. Penumpang yang berangkat menggunakan pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK – WHK tujuan Dob-Luv-Amq berjumlah 55 (lima pulu lima) Orang sesuai manifest pihak Wings airlines diantaranya :
– Laki – laki : 43 Orang
– Perempuan : 12 orang
a. Anak – anak : 6 orang
b. Bayi : Nihil
– Orang Asing : NIHIL

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan himbauan kepada penumpang turun dari Pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK – WHK yang tiba di Bandara Rar Gwamar Dobo oleh Satuan Binmas Polres Kepulauan Aru Polda Maluku. Selain Satuan Binmas, Kapolres Kepulauan Aru Akbp EKo Budiarto, S.I.K juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Adapun petugas yang melaksanakan Pemeriksaan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona Covid-19 adalah:
– Kapala UPBU Rar Gwamar Dobo OMARDANI SETYO NUGROHO, ST
– Kementerian Kesehatan Dirjen P2P Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon WILKER A n. M. YUSUF LIHIN, SKEP, NS
– Kepala Puskesmas Dobo MARIA M.KAREMY,S.kem
– 2 Personil Koramil 1503-03 Dobo
– 2 Personil Lanal Aru
– 2 Personil TNI Au Dobo
– 2 Personil Brimob Kompi 2 Yon C Pelopor Dobo
– 2 Anggota BNPB Kep Aru
– 2 Anggota Satpol P P Kep Aru
– Perwakilan Dinas Kesehatan Dobo Ny Y. NGABALIN
– Perwakilan Dinas Kesehatan Dobo
YOKBET GALANGOGA
– Perwakilan Dinas Kesehatan Dobo INDRIANI KASIM. Amd.
– Perwakilan Dinas Kesehatan Dobo YOKBET GALANGOGA
– Pegawai Dinas Kesehatan Dobo SAMUEL RAHAYAAN
– Pegawai Dinas Kesehatan Dobo MARYA TIHALAU
– Petugas Bandara Rar Gwamar Dobo YULIANA SALKERY
– Petugas Bandara Rar Gwamar Dobo L. A TETHOOL
– Petugas Bandara Rar Gwamar Dobo ANDREAS P. SARUMAHA

Pemeriksaan penumpang dilakukan dengan memeriksa suhu tubuh dan Himbauan yang dilakukan oleh Kapala Dinas Kesehatan Kab Kep Aru bersama Kasat Binmas Polres Kep. Aru dan Kepala Puskesmas Dobo, Perwakilan petugas Puskesmas Siwalima dan petugas bandara Rar Gwamar Dobo untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) terhadap para penumpang yang tiba menggunakan pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK – WHK antara lain :

a. Penyemprotan Disinfektan dan pemeriksaan suhu badan kepada penumpang yg tiba di Bandara Rar Gwamar Dobo yg berjumlah 31 Orang diantaranya :
– Laki – laki : 21 Orang
– Perempuan : 10 Orang.
– Anak – anak : Nihil
– Bayi : Nihil
– Orang Asing : Nihil

Riwayat perjalanan Penumpang adalah :

– Jogja – Dobo: 3 Orang
– Surabaya – Dobo : 5 Orang
– Makasar – Dobo : 8 Orang
– Manado – Dobo : 7 Orang
– Ambon – Dobo : 7 Orang
– Tual – Dobo : 1 Orang

Proses pemeriksaan terhadap para penumpang Pesawat Wings Air tersebut dilakukan guna mendeteksi dan mencegah penyebaran Virus Corona (Covid – 19) dengan menggunakan Alat pengukur suhu badan (Termometer) dan menyediakan cairan alkohol untuk cuci tangan di ruang kedatangan penumpang. Selama kegiatan pemeriksaan berlangsung, tidak ditemukan adanya indikasi para penumpang Wings Air yang memilki ciri – ciri terjangkit Virus Corona (Covid-19) namu para Penumpang tersebut merupakan bagian dari orang dalam pemantauan (ODP) dijelaskan bahwa ODP adalah orang yang baru kembali dari suatu wilayah yang dikategorikan sebagai wilayah terdampak wabah Virus Corona (Covid- 19). Bagi Penumpan Pesawat Wings Air yg baru datang dari suatu Wilayah atau Daerah yg dikategorikan sebagi Wilayah yg terdampak wabah Virus Corona ( Covid-19) perlu melakukan isolasi diri selama 14 hari di rumah masing – masing apabilah selama 14 tersebut kondisi tubuh terasa panas dan demam, batuk pilek segera melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit / Puskesmas hal ini yang harus perlu diketahui oleh Masyarakat Khususnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini